pengertian monitor,speker,Headphone,Printer



1 A. Monitor
             Pengertian monitor adalah suatu alat yang digunakan sebagai output data tampilan grafis pada komputer tersebut. maka dari itu monitor juga sering di sebut sebagai layar tampilan komputer.Fungsi dari layar monitor adalah untuk menampilkan video dan informasi grafis yang dihasilkan dari komputer melalui alat yang disebut kartu grafis (VGA Card).

1 B. Speaker
            pengertian speaker adalah perangkat elektronika yang terbuat dari logam dan memiliki membran, kumparan, serta magnet sebagai bagian yang saling melengkapi. Tanpa adanya membran, sebuah speaker tidak akan mengeluarkan bunyi, demikian juga sebaliknya .Fungsi speaker secara keseluruhan adalah mengubah gelombang listrik dari perangkat penguat audio menjadi gelombang suara atau getaran.

1 C. Headphone
            pengertian headphone adalah perangkat output suara dengan desain yang memungkinkan untuk langsung diposisikan atau dipasang pada telinga. Headphone merupakan perangkat output suara alternatif selain speaker.Fungsi dari headphone adalah sebagai pengganti speaker

1 D printer
            Pengertian Printer adalah perangkat keras (hardware) dimana perangkat itu akan bekerja apabila pengguna menghubungkannya dengan perangkat komputer, yang bisa digunakan untuk keperluan mencetak tulisan, gambar, dan grafik ke dalam bentuk kertas atau sejenisnya. Printer itu sendiri saat ini sering digunakan untuk mencetak . fungsi dari printer adalah untuk mencetak tulisan, gambar, grafik, dan data lainnya dari komputer ke media kertas atau sejenisnya.

2 A. Jenis jenis monitor

2 A 1. CRT (Chatode Ray Tube)

            Monitor CRT merupakan monitor menggunakan media tabung sinar katoda atau kebanyakan orang menyebutnya dengan monitor tabung. Monitor CRT dibuat menggunakan tabung hampa untuk layarnya. Monitor CRT mirip dengan jenis televisi tabung. Cara kerja monitor CRT yaitu dengan memancarkan sinar elektron ke sebuah titik-titik kecil di layar. Sinar tersebut menampilkan sisi terang jika diperkuat, sedangkan untuk diperlemah untuk sisi yang gelap. Monitor CRT lebih murah ketimbang jenis-jenis monitor komputer yang lainnya. Namun monitor CRT ini berukuran cukup besar membuat tempat diletakkannya monitor tersebut haruslah luas.



2 A 2. Monitor LCD (Liquid Cristal Display)

            Tidak seperti Monitor CRT yang menggunakan tabung hampa, Monitor LCD menggunakan media cairan kristal. Cara Kerja Monitor LCD itu dengan cara memancarkan sinar melalui kristal cair, yang kemudian dipancarkan secara elektrik sehingga membentuk sebuah panel-panel kecil yang datar. Monitor LCD komputer ini dari segi bentuk menggunakan teknologi Flat Panel Display atau monitor berlayar datar. LCD memiliki kemampuan resolusi yang lebih tinggi dibandingkan monitor CRT. Dengan bentuk yang ramping dan pipih penggunaan monitor LCD dipadukan dikomputer portable atau laptop. Berikut ini Kelebihan Monitor LCD dan Kelemahan Monitor LCD.

2 A 3. Monitor LED (Light Emitting Diode)

            Monitor LED memiliki bentuk seperti Monitor LCD namun monitor LED lebih ramping. Monitor LED memunculkan sebuah tampilan pada layar menggunakan emisi cahaya. Monitor LED menggunakan teknologi LED backlight. LED lebih efisien mengeluarkan cahaya. Kelebihan monitor LED dari segi konsumsi daya listrik monitor LED lebih hemat daripada monitor LCD.  Namun kelemahan monitor LED yaitu harga lebih mahal daripada monitor LCD.

2 A 4. Monitor Plasma

Monitor Plasma merupakan monitor yang menggunakan gas neon atau xenon yang diletakkan diantara dua lapisan plat kaca. Pada lapisan gas di aliri listrik yang memberi reaksi berupa penciptaan pixel. Kualitas
gambar lebih baik karena dalam proses pembuatan gambar dilakukkan secara langsung tanpa harus diuraikan terlebih dahulu. Monitor Plasma menggunakan teknologi gabungan, antara CRT dengan LCD. Hal ini membuat kitipisan Monitor Plasma menyerupai Monitor LCD dan sudut pandang pun luas seperti Monitor CRT.

2 B. Jenis jenis printer

2 B 1.Printer Inkjet
            Jenis printer ini adalah yang paling umum ditemui pada saat ini. Printer ini menyemprotkan tinta ke atas kertas untuk membentuk gambar. Hal ini terjadi dikarenakan ada sebuah plat magnet yang langsung mengalirkan tinta ke atas kertas sesuai dengan pola yang diinginkan. Kualitas cetakan printer inkjet hampir menyamai kualitas cetakan pada printer laserjet. Kualitas printer inkjet standar adalah sekitar 300 dpi (dots per inch) , walaupun jenis printer yang baru sudah mulai berimprovisasi. Selain tinta warna, printer inkjet juga bisa diatur untuk mencetak dalam bentuk hitam putih

2 B 2. Printer Laserjet
            Printer laserjet atau sering disebut dengan printer laser merupakan jenis printer yang menggunakan laser pada proses pencetakannya. Pertama-tama laser disinarkan pada sejenis drum untuk membuat pola gambar yang akan dicetak. Lalu drum itu berputar melalui toner ( sejenis tinta untuk laserjet tetapi berupa bubuk dan tidak cair ) dan bagian pada drum yang berlistrik mengambil toner. Lalu dengan kombinasi antara tekanan dan panas. tinta di drum itu dipindahkan ke atas kertas. Printer laserjet bekerja sangat cepat dan catridgenya bertahan lebih lama.Sama seperti printer inkjet printer laserjet juga bisa diatur untuk mencetak warna hitam putih saja atau seluruh warna [CMYK (Cyan, Magenta, Yellow, Black)
Kedua printer diatas merupakan jenis printer yang paling sering kita jumpai. Di bawah ini adalah jenis printer yang jarang atau bahkan tidak pernah dilihat oleh orang awam.

2 B 3. Printer LED/LCD
            Pada dasarnya jenis printer LED/LCD ini hampir sama dengan printer laser tetapi tidak menggunakan laser untuk membuat pola pada drumnya melainkan menggunakan cahaya. Orang-orang sering menyamakan printer Laser dengan printer LED/LCD. Proses cetaknya hampir sama printer tetapi printer LED/LCD menggunakan light-emitting diode. Printer ini menghasilkan kualitas cetak yang sangat tinggi baik itu teks maupun grafis.



2 B 4. Printer Dot Matrix
            Printer ini menggunakan pita dan set pin yang tersusun sangat rapat untuk mencetak huruf dan karakter lain di kertas. Cara kerjanya mirip mesin tik. Kecepatan cetaknya sangat bervariasi yakni antara 50-500 karakter per sekon. Jumlah pinnya sangat bervariasi antara 9 -24 dan menentukan kualitas cetak yang dihasilkan. Jenis printer ini biasanya digunakan untuk mencetak faktur dan lain-lain.

2 B 5. Printer Solid Ink
            Printer ini menggunakan sejenis tinta yang sudah dililinkan. Cara kerjanya adalah priinter melelehkan tinta yang melilin tersebut lalu ditampung dalam sebuah tempat yang kemudian dipindahkan ke sejenis drum yang lalu akan mendinginkan tinta itu baru mencetaknya ke kertas. Solid Ink printer. Jika dibandingkan dengan jenis – jenis printer lain, jenis printer ini mempunyai komponen dalam yang lebih sedikit. Suhu serta kelembapan kertas mempengaruhi kerja printer ini.

2 B 6. Printer Dye Sublimation
            Jenis printer ini  merupakan perangkat profesional yang banyak digunakan dalam seni grafis dan fotografi untuk pencetakan pada mug dan benda dengan permukaan keras lainnya. Printer ini bekerja dengan memanaskan tinta sehingga berubah dari padat menjadi gas.

2 B 7. Printer Portabel
            Printer Portabel biasanya cukup ringan dan kadang-kadang menggunakan baterai. Biasanya printer ini mempunyai resolusi cetak yang cocok untuk mencetak teks biasa. Anda dapat menemukan beberapa jenis printer portable yakni : Printer Thermal, Printer Thermal Transfer, dan Printer Inkjet. Keuntungan utama dari  Printer Thermal Transfer dan Printer Thermal adalah lebih kecil dan ringan dibandingkan dengan Printer Inkjet. Rata-rata printer thermal transfer dan printer thermal memiliki berat seberat setengah kilo . Biasanya printer Inkjet portabel lebih berat  2 kilogram dari Thermal Printer. Thermal printer memerlukan kertas khusus untuk pencetakkannya.

2 B 8. Printer Plotter
            Jenis printer ini sangat akurat pada proses pencetakannya. Printer ini berukuran besar dan biasanya digunakan untuk mencetak gambar-gambar arsitrk atau insinyur. Ada 2 jenis printer plotter yakni flatbed plotter dan drum plotter.

2 B 9. Printer Photo Digital
            Walaupun kebanyakan jenis printer inkjet dan laserjet sudah bisa mencetak foto , Fotografer masih menginginkan printer dengan hasil cetak yang lebih tinggi.Biasanya ada beberapa tambahan tinta yakni light Cyan dan light Magenta.

2 B 10. Printer CD/DVD
            Printer ini bekerja dengan mencetak cover pada CD dan DVD.

2 B 11. Printer ID Card
            Printer ini biasanya digunakan untuk mencetak ID Card dengan cepat dan dalam jumlah yang banyak.

2 B 12. Printer POS (Point Of Sale)
            Jenis Printer ini sangat mudah ditemui pada kassa sebuah toko. Printer ini juga terhubung dengan Laci uang yang ada di bawahnya.

2 B 13. Printer Label
            Printer Label ini digunakan untuk mencetak label dengan jumalah banyak dan lebih mudah. Beberapa Printer Label memiliki banyak fungsi sekaligus yakni pada supermarket juga bisa digunakan untuk mencetak barcode. Beberapa Printer label juga bisa mencetak label dengan berbagai bentuk.





3 A. Cara kerja printer
                        Pada printer jenis Ink jet menggunakan teknologi dor on demand, yaitu dengan cara menyemprotkan titik titik kecil tinta pada kertas melalui nozzle atau lubang pipa yang sangat kecil. teknologi lainnya yang dikembangkan oleh produsen printer seperti Canon dan HP dengan menggunakan panas. panas tersebut dapat membuat gelembung-gelembung tinta sehingga jika semakin panas akan semakin menekan tinta ke nozzle yang ditentukan dan tercetak pada kertas.

Karena menggunakan tinta cairan hasil cetaknya menunggu beberapa detik agar bisa kering. jenis printer ink jet ini penempatan dan pengisian tintanya bisa dimodifikasi dengan teknik infus, yaitu dengan menambahkan tabung tinta khusus pada bagian luar printer dan disambung dengan selang kecil untuk dihubungkan pada bagian pencetak di mesin printer.

3 B. Cara kerja monitor
            Cara Kerjanya adalah sebagai berikkut. Pada sebuah panel LCD berwarna, setiap pixel terdiri atas tiga buah cell kristal cair. Setiap ketiga cell tersebut memiliki filter merah, hijau, atau biru (Red-Green-Blue/RGB). Sinar yang melewati cell yang terfilter tersebut akan menciptakan warna yang Anda lihat pada LCD. Kadang-kadang sistem yang mengirimkan arus listrik pada satu cell atau lebih tidak berjalan dengan baik. Kejadian tersebut menimbulkan adanya pixel yang gelap dan rusak yang sering disebut sebagai dead pixel.

Hampir semua LCD berwarna modern menggunakan sebuah transistor film yang tipis (Thin-Film Transistor/TFT), yang dikenal sebagai active matrix, untuk menghidupkan setiap cell. LCD TFT menciptakan citra yang lebih jelas, jernih dan terang. Teknologi LCD terdahulu sangat lambat, kurang efisien, dan kontrasnya sangat rendah. Teknologi matriks terdahulu, passive-matrix, mampu menampilkan teks yang jelas tetapi meninggalkan bayangan jika tampilan berubah dalam waktu cepat, sehingga tidak optimal untuk video.

3 C. Cara kerja
            Speaker atau pengeras suara adalah sebuah transduser yang mengubah sinyal listrik menjadi frekuensi audio (suara) melalui komponen-komponen yang terpasang di dalamnya seperti lilitan, magnet, dan membran. Getaran membran inilah yang nantinya kan menghasilkan suara.

3 D. Headphone
            Sama seperti speaker tetapi memiliki bentuk dan voltase serta suara yg di hasilkan lebih rendah

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

comments