Perkembangan HDD Dari Pertama

Hard disk drive atau biasanya sih disebut dengan hardisk yaitu salah satu komponen yang penting pada komputer.HDD memiliki nama lain yang umumnya disebut dengan recording media yang mempunyai fungsi sebagai penyimpanan data.kebanyakan pengguna harddisk tapi bahkan mungkin tentang asal usul si harddisk ini sedikit saja yang mengetahuinya.Hard Disk Drive dibuat pertamakali dan juga diproduksi dari perusahaan IBM ditahun 1956 yang akhirnya disebut dengan HDD Generasi yang Pertama.HDD yang pertama ini didapat dan dibuat oleh Reynold Johnson.HDD ini mempunyai label RAMAC 305 yang memiliki kapasitas sebesar 5 MB atau 5 juta Bits.dengan ukuran 24 inch.dan memakai single head pada pengaksesannya

 
Di tahun 1961 IBM membuat HDD memakai head yang setiap dalam komponen datanya terpisah. biasa disebut dengan Disk Storage Unit Control System Meganical International System dan HDD yang pertama dan bisa di rermovable atau bisa dilepas dan dipasang lagi yaitu IBM 1311 yang memakai IBM 1316 guna menyimpan 2.000.000 karakter. pada tahun 1973, IBM mempromosikan IBM 3340 yaitu HDD yang pertama memakai sistem disk: WHINCESTER, pertama memakai sealed head atau HDA. teknologi ini terdesign dari Kenneth Haughton. sebelum menginjak tahun 1980an kebanyakan dari HDD ukurannya inch ataupun 14 inch. jadi memerlukan banyak tempat guna menyimpan HDD itu. dan hingga tahun 1980 saat Seagate mempromosikan ST-506 yang termasuk HDD awal yang memiliki ukuran 5,25 inch berkapasitas 5 megabites. dan saat ini bahkan HDD telah menggapai kapasitas terrabites di ukuran 3,5 inch.

Hardisk yang pertama muncul ke bumi ini yaitu hardisk yang di promosikan dari IBM ditahun 1956, mempunyai berat sebesar 500kg dan menawarkannya hanya kapasitas yang besarnya 5MB. tempatpenyimpanan yang seperti ini memerlukan suatu kompressor udara yang mempunyai tekanan dan masih jauh buat pemakaian dirumah.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »